Search

Bisa Bikin Cuan, Ini Deretan Ide Bisnis Jelang Lebaran yang Bisa Dicoba - detikFinance

Jakarta -

Bulan puasa atau Ramadan membawa keberkahan tersendiri bagi umat Islam. Selain memperbanyak pahala dan meningkatkan kualitas ibadah, tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan moment ini untuk mendapatkan dana lebih.

Hal ini dilakukan melalui berbagai bisnis atau usaha musiman selama bulan puasa hingga lebaran. Lantas bisnis-bisnis apa saja yang ramai selama bulan puasa hingga lebaran?

Perencana keuangan Andy Nugroho menyampaikan bahwa selama puasa, banyak peluang usaha yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mendapatkan tambahan dana. Menurutnya, bisnis yang paling umum untuk dilakukan adalah berjualan makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

"Kalau kita mau menambah income (pendapatan) nih, sebenarnya banyak. Pedagang-pedagang musiman yang hanya jualan pas lebaran doang banyak," kata Andy kepada detikcom, Jumat (31/3/2023).

"Dari jual makanan-minuman berbuka puasa bisa. Terus kemudian ada ketering-ketering dadakan karena kan sekarang mulai banyak orang-orang yang istilahnya mereka ingin jadi donatur ke masjid, ke yayasan untuk berbuka puasa. Jadi mereka order katering-katering," ungkapnya lagi.

Selain bisnis makanan dan minuman, menurutnya masyarakat juga bisa membuka usaha jualan pakaian muslim ataupun perlengkapan shalat. Bahkan untuk menambah nilai jual, menurutnya pakaian muslim ataupun perlengkapan shalat itu bisa disusun sedemikian rupa menjadi hampers.

"Penjualan baju muslim dan perlengkapan shalat itu bisa. Bahkan ada yang khusus dia bikin hampers-nya untuk buket-buket ini tadi. Walaupun mengirimnya sajadah, mukena, baju muslim tapi dirangkai sedemikan rupa jadi hampers," terangnya lagi.

Tidak berhenti di sana, Andy juga menyarankan masyarakat untuk membuka bisnis di bidang konten digital. Salah satu yang mungkin bisa dicoba adalah membuka jasa design. "Di dunia digital bahkan bisa juga misalnya jasa design kartu ucapan lebaran," ungkap Andy.

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
March 31, 2023 at 02:49PM
https://ift.tt/V96pRB4

Bisa Bikin Cuan, Ini Deretan Ide Bisnis Jelang Lebaran yang Bisa Dicoba - detikFinance
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/eVskf20
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bisa Bikin Cuan, Ini Deretan Ide Bisnis Jelang Lebaran yang Bisa Dicoba - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.