Search

Target Produksi 2 Juta Ton, KKP Revitalisasi Tambak Udang - Bisnis Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana revitalisasi tambak-tambak udang rakyat jika shrimp estate di Kebumen, Jawa Tengah berhasil. Ini dilakukan untuk mengejar target 2 juta ton udang pada 2024.

“Jadi itu satu model (shrimp estate), kan kami ditargetkan 2 juta ton (udang) 2024,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono usai acara Thrive Expo UMKM KKP di Jakarta, Senin, 6 Maret 2023.

Trenggono menjelaskan, jika luasan tambak yang ada masih dilakukan penanganan secara tradisional, tidak akan bisa mencapai target tersebut. Menurut dia, dengan shrimp estate target tersebut memungkinkan.

Trenggono mengungkapkan ada 247.803 hektare tambak udang di Indonesia. Namun produktivitasnya hanya 0,6 ton per hektare. Jika menggunakan shrimp estate, produksi bisa mencapai 40 ton per hektare. 

"Nah kalau ini berhasil, seluruh tambak yang ada bisa kami revitalisasi. Tambak-tambak yang ada kami geser menjadi tambak seperti yang ada di Kebumen," tuturnya.

Ditanya tentang kesiapan rakyat mengganti tambaknya menjadi berskala insentif, Trenggono menilai tidak ada masalah. Apalagi jika produktivitas udang meningkat 10 kali atau 20 kali.

"Jadi lebih bagus. Pendapatan mereka meningkat dan kita bisa sejajar dengan Ekuador, bahkan kita bisa ngalahin Ekuador. Kita kan negara kepulauan, logikanya kita harusnya menang," ujar Trenggono.

Pilihan Editor: Erick Thohir dan Dirut Pertamina Putuskan Relokasi Depo BBM Plumpang ke Lahan Pelindo

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

 

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
March 07, 2023 at 11:15AM
https://ift.tt/jLtk1Ag

Target Produksi 2 Juta Ton, KKP Revitalisasi Tambak Udang - Bisnis Tempo.co
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/3XOIqbL
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Target Produksi 2 Juta Ton, KKP Revitalisasi Tambak Udang - Bisnis Tempo.co"

Post a Comment

Powered by Blogger.