Search

Begini Strategi Biar Bisnis Cuan Maksimal di Momen Lebaran - Medcom.Id

Jakarta: Kembalinya kemeriahan Lebaran setelah tiga tahun covid-19 disambut penuh semangat oleh masyarakat, termasuk bisnis yang menjadikan Hari Raya sebagai momen untuk meningkatkan penjualan. Namun, Lebaran juga menghadirkan tantangan yang identik dengan musim liburan, khususnya yang terkait dengan kecukupan staf.
 
Chief Commercial Officer Mekari Sandy Suryanto mengatakan, bagi bisnis yang tetap beroperasi selama Lebaran, pengaturan presensi dan absensi karyawan yang standby dan cuti menjadi hal yang krusial. Mereka bisa memanfaatkan digitalisasi untuk pengoperasian bisnis.
 
“Bisnis-bisnis di sektor yang langsung menyentuh konsumen, seperti restoran, ritel, dan hiburan masyarakat, malah akan kebanjiran konsumen saat libur Lebaran. Sebab itu, mereka harus merencanakan kebutuhan akan karyawan dengan cermat agar bisnis bisa terus beroperasi dan melayani konsumen dengan baik,” katanya dalam keterangan tertulis, Senin, 10 April 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, teknologi hadir untuk membantu bisnis,?? mulai dari mengatur rotasi karyawan hingga melayani konsumen secara virtual, selama Lebaran. Bahkan, teknologi bisa membantu bisnis untuk mempererat silaturahmi dengan konsumen sehingga konsumen semakin setia.
 
 
Berdasarkan pengalaman dalam membantu bisnis untuk menumbuhkan performa, Sandy membagikan tips bagaimana bisnis, dengan dukungan teknologi, bisa menjadikan Hari Raya sebagai sumber berkah.

1. Amankan rotasi karyawan

Bisnis harus terlebih dulu memperkirakan seberapa sibuk mereka nantinya saat Lebaran agar dapat menyesuaikan dengan rotasi cuti karyawan di bagian back-end dan front-end. Di sini, solusi digital untuk manajemen personalia bisa membantu bisnis dengan mensinkronisasi secara otomatis jadwal cuti dan lembur karyawan.

2. Siapkan bonus lembur

Bisnis harus memberikan bonus sebagai insentif agar karyawan bersedia mengambil shift Lebaran. Dengan demikian, bisnis juga harus memperhitungkan anggaran untuk menutupi pengeluaran ekstra terkait apresiasi tersebut.
 
Untuk memudahkan penghitungan, bisnis bisa memanfaatkan solusi digital yang mengkoneksikan jadwal shift di divisi human resources (HR) dengan pencatatan payroll di divisi keuangan sehingga bonus dapat dihitung dan dikirim secara otomatis.

3. Pertahankan kualitas layanan konsumen

Bisnis, khususnya yang harus melayani pertanyaan konsumen sepanjang 24 jam dan 7 hari, perlu mengatur ketersediaan customer service (CS) saat Lebaran supaya kualitas pelayanan tetap terjaga walau di tengah liburan.
 
Solusi customer relationship management (CRM) yang omnichannel, yaitu yang terintegrasi ke ragam kanal komunikasi akan mempermudah tim CS untuk terus melayani konsumen karena semua percakapan dapat dipantau dan dibalas melalui satu dasbor tersentralisasi.

4. Tingkatkan loyalitas  konsumen

Lebaran adalah momen yang sempurna bagi bisnis untuk berbagi kebaikan dengan konsumen. Bisnis dapat memanfaatkan CRM yang sama untuk mengirim ucapan Hari Raya, termasuk memberikan kode voucher diskon ke konsumen yang merayakan Idulfitri.
 
 
Jika dirancang dengan kreatif, maka kampanye pemasaran selama Hari Raya akan membuat konsumen semakin bahagia. Kemudian, bisnis bisa memanfaatkan fitur analitik di CRM untuk menganalisa respon konsumen terhadap kampanye tersebut secara real-time.
 
“Di akhir liburan Lebaran dan Hari Raya Idulfitri, solusi digital akan secara otomatis mengumpulkan dan menganalisa performa bisnis selama kedua momen tersebut. Laporan inilah yang kemudian bisa digunakan bisnis sebagai insights untuk perencanaan pemasaran dan penjualan kedepannya,” tambah Sandy.
 
Setelah Lebaran, ia mengungkapkan, bisnis perlu mengantisipasi periode pascalibur yang identik dengan penurunan penjualan. Oleh karena itu, pelaku usaha perlu menyiapkan strategi untuk tetap menjaga pertumbuhan bisnisnya.
 
“Data dan analisa performa bisnis dari Lebaran tahun ini juga dapat digunakan sebagai panduan untuk merencanakan strategi untuk liburan berikutnya sehingga pertumbuhan bisnis dapat terus didorong,” tutupnya.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
April 10, 2023 at 10:00PM
https://ift.tt/Mtp7Hu2

Begini Strategi Biar Bisnis Cuan Maksimal di Momen Lebaran - Medcom.Id
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/MPNgYOv
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Begini Strategi Biar Bisnis Cuan Maksimal di Momen Lebaran - Medcom.Id"

Post a Comment

Powered by Blogger.