Search

Berawal dari Praktik Sekolah, Bisnis Rempah Herbal Ini Bisa Go Global - detikFinance

Jakarta -

Indonesia kaya akan sumber daya alam, tak terkecuali tanaman rempah. Melimpahnya rempah di Indonesia pun dimanfaatkan masyarakat untuk membuka usaha wedang atau rempah herbal.

Nur Chayati, merupakan salah seorang pelaku usaha yang menjalankan bisnis wedang bernama Omah Rempah 3Gen. Meski berawal dari sekadar praktik di sekolah, produksi usaha kecil menengah miliknya mampu memikat konsumen hingga luar negeri.

Dalam sehari-harinya, Nur merupakan salah satu guru jurusan farmasi pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Tegal. Awalnya, produk ini tercipta dari hasil praktik mengolah tanaman herbal menjadi produk konsumsi siap jual.

Nur memanfaatkan berbagai tanaman herbal yang mudah ditemui serta berkhasiat seperti, jahe merah, sereh, secang, cengkeh, akar wangi, kayu manis, kapulaga, lada, cabe jawa, daun pandan, daun salam hingga daun jeruk plus gula batu.

Awalnya, produk tersebut dipasarkan secara door to door mulai dari kerabat hingga teman sekolah. Lambat laun, produk Omah Rempah 3Gen dilirik oleh masyarakat luar.

"Usaha kami mendapat apresiasi termasuk Dikbud, Dinkes. Itu juga cikal bakal sekolah kami menjadi sekolah percontohan dan membentuk link and match di dunia kerja dengan dunia sekolah," ungkap Nur dalam keterangannya, Selasa (11/4/2023).

Nur mengatakan permintaan Omah Rempah 3Gen seketika melejit, bahkan produksi di sekolah tak lagi dapat memenuhi pesanan masyarakat. Akhirnya, Nur mulai memproduksi rempah di rumahnya.

Usaha kecil menengah ini kemudian berinovasi hingga mampu memproduksi jenis wedang uwuh, wedang kelor hingga wedang kelor plus jahe.

Tembus Pasar Ekspor Singapura hingga Jepang

Tak sampai di situ, produk Omah Rempah 3Gen berhasil lolos kurasi dan diikutkan dalam agenda Singapore Expo di West Mall, Singapura. Keterlibatan Omah Rempah 3Gen dalam gelaran itu tak lepas dari dukungan PT Bank Negara Indonesia, Tbk (Persero) melalui BNI Xpora.

Keuletan Nur juga membawa produknya diminati oleh pasar Turki, Belanda hingga Jepang. Tahun ini, Omah Rempah 3Gen berkesempatan menghadiri Singapore Expo 2023 yang difasilitasi BNI melalui BNI Xpora.

"Kami menjajaki pasar ekspor, sudah audiensi dengan agregator Afrika, Jepang hingga Amerika Serikat. Harapannya target 2023 kami bisa melaksanakan ekspor secara simultan, rutin," paparnya.

Meski demikian, saat ini Omah Rempah 3Gen masih berupaya memenuhi syarat legalitas dari calon buyer mulai dari Badan Pangan Obat dan Makanan (BPOM) hingga Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP). Sementara, kata Nur, usaha ini baru mendapat Produk Industri Rumah Tangga (PIRT).

Dukung BNI untuk Bisnis Omah Rempah 3Gen

Perkembangan bisnis Omah Rempah 3Gen turut mendapat dukungan dari BNI. Melalui kantor cabang di sejumlah negara termasuk Singapura, BNI tmemperkuat kapabilitas bisnis internasional dalam rangka mendukung ekspansi nasabah ke kancah global.

Perseroan berkomitmen untuk melayani masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri, serta menangkap peluang bisnis. BNI juga fokus mendukung bisnis UMKM yang berorientasi ekspor dengan program pemberdayaan melalui Xpora.

Melalui program tersebut, BNI turut membantu mencarikan pembeli produk UMKM oleh diaspora Indonesia di luar negeri.

Pada Desember 2022, transaksi ekspor-impor BNI mampu tumbuh positif 55 persen (yoy). Adapun capaian ini dipengaruhi harga komoditas unggulan Indonesia yang melesat pada 2022.

"Tentunya kami turut bersuka cita melihat banyak UMKM mampu melakukan pameran dan business matching di luar negeri. Semoga semakin banyak lagi UMKM kita yang naik kelas dan Go Ekspor untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik di dalam negeri," pungkasnya.

Simak Video "BPOM Tarik 3 Produk Jamu yang Mengandung Bahan Kimia"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
April 11, 2023 at 02:15PM
https://ift.tt/4aTPSOZ

Berawal dari Praktik Sekolah, Bisnis Rempah Herbal Ini Bisa Go Global - detikFinance
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/MPNgYOv
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berawal dari Praktik Sekolah, Bisnis Rempah Herbal Ini Bisa Go Global - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.