Search

Perjalanan Bisnis Bos Mal di RI Sampai Punya Harta Belasan Triliun - detikFinance

Jakarta -

Siapa yang tidak tahu mal ternama seperti Gandaria City, Kota Kasablanka, hingga Blok M Plaza. Mal besar itu merupakan milik pengembang pusat perbelanjaan Pakuwon Group.

Pemilik dari Pakuwon Group adalah Alexander Tedja yang merupakan Presiden Komisaris Pakuwon Group. Pengusaha mal itu kini memiliki kekayaan bersih hingga puluhan triliun.

Mengutip dari Forbes, per 10 Juli 2023, kekayaan bersih Alexander tercatat US$ 1,1 miliar atau setara Rp 16,7 triliun (kurs Rp 15.202). Angka itu turun dari kekayaan bersih tahun sebelumnya US$ 1,2 miliar di 2022.

Pundi-pundi uang yang ia peroleh itu dari kesuksesan Pakuwon Group di bidang properti dan retail. Pakuwon Group memiliki 8 pusat perbelanjaan dan kuliner di Surabaya, seperti Tunjungan Plaza, Pakuwon Mall, dan sebagainya. Selain itu juga Pakuwon Group memiliki 3 mal besar di Jakarta yakni Kota Kasablanka, Gandaria City, dan Blok M Plaza.

Alexander tidak serta merta begitu saja mendapatkan kekayaan itu. Pria kelahiran 22 September 1945 mengawali bisnisnya di bidang perfilman.

Pada tahun 1972 ia berhasil mendirikan PT ISAE Film. Kemudian tahun 1977, ia berhasil mendirikan Menara Mitra Cinema Corp dan juga mendirikan PT Pan Asiatic Film pada tahun 1991.

Pengembang real estat Alexander Tedja mengawali perusahaan di sektor propertinya dengan nama Pakuwon Jati. Perusahaan itu didirikan pada tahun 1982.

Di era 80-an itu, ia membeli tanah di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya yang kemudian menjadi tempat berdirinya Plaza Tunjungan I yang menjadi cikal bakal Tunjungan Plaza. Proyek tersebut mulai beroperasi tahun 1986 dan terus berlanjut menjadi Plaza Tunjungan II, III, IV.

Kemudian Pakuwon go public pada tahun 1989 dengan kode saham PWON. Semakin sukses dengan bisnis malnya, ia kemudian mulai merambah bisnis properti seperti Sheraton Hotel Surabaya, Kondominium, Regensi, dan Menara Mandiri yang seluruhnya mulai beroperasi pada tahun 2002.

Makanya, Pakuwon juga dikenal dengan sebutan pengembangan mixed-use yang menggabungkan kondominium, hotel, mal, dan perkantoran di Jakarta dan Surabaya.

Kesuksesan itu juga membuat ayah empat anak itu masuk daftar 50 orang terkaya di Indonesia pada 2022. Bisnis Alexander sampai saat ini masih terus berkembang. Pada tahun 2022, PT Pakuwon Jati (PWON) mencetak laba sebesar Rp 1,5 triliun. Kemudian sebanyak 20% dari laba bersih itu sebesar Rp 313 miliar ditebar menjadi dividen kepada para pemegang saham.

Sementara, pendapatan bersih triwulan I-2023 Rp 1,3 triliun, naik 5,9% dari tahun sebelumnya Rp 1,3 triliun. Laba Bruto tahun ini tercatat Rp 747 miliar, naik 10,2% dibanding tahun lalu Rp 678 miliar. Laba bersih Rp 658 miliar, naik 61,0% dibanding tahun lalu Rp 409 miliar.

Pengeluaran belanja modal triwulan I-2023 yang telah dikucurkan oleh perseroan Rp 511 miliar untuk membiayai pembangunan Pakuwon Mall Bekasi, Pakuwon City Mall, renovasi Pakuwon Mall Jogja dan Solo Baru, dan pembelian hotel Four Points by Sheraton Bali, Kuta (185 kamar) serta untuk pembelian tanah.

PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) juga berencana membangun properti di ibu kota negara (IKN), Kalimantan Timur. Presiden Direktur Pakuwon Jati, Alexander Stefanus Ridwan Suhendra memastikan pihaknya akan masuk untuk membangun properti di IKN.

"Di IKN, kita memang berminat. Kita sedang merencanakan, memang belum selesai semua, ada perlu ada beberapa yang dibacakan, tetapi memang berminat membangun IKN, kita perlu support itu," jelas dia dalam Public Expose PWON di Hotel Sheraton Grand, Jakarta Selatan, Selasa (27/6/2023).

Berikut Daftar Properti Dimiliki Pakuwon;

  • Superblok Gandaria City, Jakarta (pusat perbelanjaan ritel, apartemen, perkantoran dan hotel)
  • Superblok Kota Kasablanka, Jakarta (pusat perbelanjaan ritel, apartemen dan perkantoran)
  • Somerset Berlian, Jakarta (apartemen servis)
  • Blok M Plaza, Jakarta (pusat perbelanjaan ritel)
  • Superblok Tunjungan City, Surabaya (pusat perbelanjaan ritel, apartemen, perkantoran dan hotel)
  • Superblok Pakuwon Mall Surabaya (pusat perbelanjaan ritel,apartemen,apartemen servis, dan hotel)
  • Royal Plaza, Surabaya (pusat perbelanjaan ritel)
  • Pakuwon City township (landed residential)
  • Pakuwon City Mall (pusat perbelanjaan ritel)
  • East Coast Mansion (apartemen yang sedang dalam konstruksi), serta apartemen Educity
  • Grand Pakuwon township (landed residential) dan Food Junction (Hypermarket, culinary & leisure destination), di Surabaya Barat
  • Superblok Pakuwon Mall, Bekasi (pusat perbelanjaan ritel, apartemen, dan hotel yang seluruhnya sedang dalam masa pembangunan)
  • Pakuwon Mall Yogyakarta dan Hotel (pusat perbelanjaan ritel dan hotel) Pakuwon Mall Solo Baru (pusat perbelanjaan ritel)
  • Four Points by Sheraton Bali, Kuta (hotel)
(ada/das)

Adblock test (Why?)



"bisnis" - Google Berita
July 12, 2023 at 07:30AM
https://ift.tt/IkoFEKl

Perjalanan Bisnis Bos Mal di RI Sampai Punya Harta Belasan Triliun - detikFinance
"bisnis" - Google Berita
https://ift.tt/eyWNEqv
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Perjalanan Bisnis Bos Mal di RI Sampai Punya Harta Belasan Triliun - detikFinance"

Post a Comment

Powered by Blogger.